Versi Shvoong dapat dilihat di http://bit.ly/VyHZXE


Mendengar kata cokelat pasti semua orang suka. Bukan  cuma anak-anak saja namun tak terhitung berapa banyak orang dewasa yang juga menyukai cokelat. Melihat permen cokelat yang lucu dan cantik dengan warna-warna yang menarik pasti akan membuat orang tak tahan untuk  mencicipinya. Dan bukannya tak mungkin akan terbersit keinginan untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Membuat permen cokelat sendiri mungkin terdengar sulit karena tidak semua orang punya keahlian dalam menangani cokelat. Namun sebenarnya membuat permen cokelat tidaklah sesulit yang dibayangkan dan bahkan seseorang yang tidak tahu sama sekali tentang cokelatpun dapat membuatnya sendiri, tentunya dengan berbekal referensi dari buku ini.

Peni Respati sang penulis telah menyusun buku ini dengan begitu lengkap sehingga dapat dipahami dengan mudah bahkan oleh para pemula sekalipun. Buku ini berisi pengenalan bahan cokelat sebagai bahan utama dimana pembaca dapat mengetahui jenis-jenis cokelat yang dapat digunakan untuk membuat permen cokelat yang enak dan berkualitas sekaligus mengenali sifat bahan cokelat tersebut. Kemudian pembaca akan diajak mengenal aneka bahan tambahan berupa pewarna dan pencita rasa (flavouring) yang dapat ditambahkan pada cokelat dan kemudian diperkenalkan pada peralatan untuk melelehkan cokelat, cetakan cokelat beserta tip cara merawatnya, peralatan penunjang untuk mencetak cokelat serta mengenal aneka kemasan sebagai wadah cokelat.

Dibagian selanjutnya penulis memperkenalkan cara melelehkan cokelat yaitu dengan menggunakan panci (ditim), menggunakan plastik segitiga, menggunakan alat peleleh elektrik, menggunakan alat peleleh konvensional dan dengan menggunakan mangkuk keramik.

Penulis tak hanya membagi pengetahuan cara membuat permen cokelat yang berkualitas saja namun juga membagi trik-trik cara melelehkan cokelat yang baik sehingga akan menghasilkan permen cokelat yang mengkilap, tip menangani bahan cokelat, tip pewarnaan dan beberapa ide tampilan melalui kreativitas seni sehingga cokelat yang dihasilkan menjadi lebih menarik serta juga menghadirkan foto step by step pembuatan permen cokelat sehingga buku ini bukan hanya membahas teori namun juga dapat membantu para pembacanya untuk dapat mempratikkannya dengan mudah.


Sumber : http://id.shvoong.com/books/guidance-self-improvement/2351288-kreasi-cokelat/


(Tulis sendiri review/ringkasan buku-buku favorit anda dan dapatkan dollar sebagai bayarannya, buruan gabung. Klik http://www.shvoong.com/aff-BAA59/)

0 komentar: