Assalamu'alaikum my blog reader.....

Bulan Januari comes again nih...It means saya nambah tua deh, soalnya di Bulan ini saya berulang tahun. Eits gag cuma saya seorang sih, suami saya juga berulang tahun sehari sebelum ulang tahun saya. Berhubung umur makin berkurang so kami sekeluarga gag mau menyambut ulang tahun kami dengan hura-hura. Jadi cukup dengan berdo'a bersama dan kumpul-kumpul aja sambil makan-makan ala kadarnya. 

Nah sehubungan dengan hari ulang tahun saya maka saya pun berencana mengakhiri puasa baking saya selama ini. Hihihi akhirnya sang oven tertjintah kembali diberdayakan. Suara mixer yang ributpun kembali memecahkan keheningan rumah saya yang selama berbulan-bulan sepi dari kegiatan per-baking-an, halah lebay ya ???

Tadinya bingung mau bikin kue apa ya ?? Inilah nasib tukang kue, saya yang ultah tapi teteup mesti saya yang bikin kue ultahnya sendiri. Ya sudahlah saya akhirnya bertekad menaklukkan kue yang selama ini bikin saya penasaran. Yup RAINBOW CAKE. Awalnya sih sempet was was soalnya sewaktu kakak ipar saya ultah, anak saya sempat makan rainbow cake yang dibeli dari toko sebagai kue ultahnya dan udahannya anak saya jadi sakit lantaran gak cocok dengan pewarna yang dipakai. Makanya sempet juga kepikiran saya gag akan pernah bikin kue yang satu ini. Jadi paranoid lah ceritanya.

Tapiiii...Ternyata rasa penasaran saya melebihi rasa ketakutan saya, so jreng jreng jreng....Inilah Rainbow Cake a la YamiYummy. Agak berantakan karena saya gag punya waktu yang cukup buat menghiasnya lantaran sibuk menyiapkan menu makanan lainnya buat suguhan keluarga besar. Walau seadanya tapi semua yang makan bilang rasanya enak. Hehehe gag sia sialah pengorbanan saya.

Ternyata kue ini bikinnya ribet banget. Makanya namanya saya plesetin jadi Ribet Cake dan bukan Rainbow Cake hehehe..Selain bikinnya ribet karena harus membagi adonan menjadi 6 warna, terus mesti manggang 6 loyang kue, padahal saya cuma punya 3 loyang dengan ukuran yang sama jadi mesti ada acara nyuci-nyuci loyang  tiap satu kue selesai dipanggang. Udah gitu belum selesai semua kue dipanggang si dd Fylza rewel aja mau makan kuenya. Alhasil saya mesti men-trimming kue sebelum waktunya buat icip-icip si dd. Terus meski udah dapat tester tapi teteup aja ada satu kue yang nggak mulus karena terkena ulah jahil tangannya yang gemes pengen nyicipin hehehe. Walau agak kesel tapi saya mengucap syukur karena itu berarti kuenya enak, soalnya anak kecil kan ‘the best customer ever’ yang gag bisa bohong kalau kuenya gag enak hehehe….

Ya udah ini saya share resepnya sekalian. Saya pake resep dari Tabloid Nova langganan saya. 

Bahan:
12 bh kuning telur
10 bh putih telur
450 g gula pasir
3 sdt cake emulsifier (saya pakai merk SP)
450 g tepung terigu
225 g mentega tawar, lelehkan
2 sdt esens vanili (saya pakai vanili bubuk)
pewarna makanan merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, masing-masing 2 sdm (kalo kebanyakan, 1 sdm aja udah cukup kok coz kebanyakkan pewarna juga gag bagus)

Filling:
50 g selai stroberi (saya gag pake, saya ganti sama simple syrup dan bahan untuk topping)

Topping: (aduk rata)
300 g whipped cream  bubuk, kocok dengan 600 ml air es
100 g cream cheese , kocok dengan 50 ml sirop gula (Lantaran gag ada cream cheese saya bikin sendiri cream cheese gadungan yaitu dengan cara memanaskan 100 ml susu cair dan 150 gr keju cheddar parut, aduk rata hingga halus dan angkat)

Cara Membuat:
1. Siapkan 6 buah loyang bulat ukuran 20x3 cm, olesi margarin dan alasi kertas roti, sisihkan. Panaskan oven bersuhu 180 derajat Celsius.
2. Kocok semua telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan cake emulsifier , kocok kembali sampai mengembang, kental, dan adonan berwarna putih. Matikan mixer.
3. Masukkan secara bergantian tepung terigu dan mentega tawar leleh, aduk rata. Tuang esens vanili, aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 6 bagian, masing-masing seberat 250 gram. Tambahkan tiap adonan dengan pewarna makanan, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Panggang dalam oven selama 10 menit atau sampai matang. Angkat, keluarkan, dan diamkan hingga dingin.
6. Setelah dingin, ambil cake  warna ungu, oles dengan filling  dan topping. Tangkupkan dengan cake biru dan ulangi hingga semua cake  habis.
7. Olesi seluruh permukaan cake dengan sisa topping , ratakan. Simpan dalam kulkas hingga membeku.


Ok, kalo mau nyoba resepnya silahkan ya.....

HAPPY BIRTHDAY TO ME AND MY BELOVED HUBBY YANG CHUBBY HEHEHE

0 komentar: