Di milis lagi heboh Donat Week. Pengen ikutan ah, kebetulan selama Bulan Januari udah ketimbun sama Donat Kentang. Makanya kalau Bulan Desember 2008 adalah bulannya Brownies Kukus di YamiYummy maka Bulan Januari adalah bulannya Donat Kentang.

Apa ya yang paling menarik dari sebuah Donat ? Percaya atau nggak, donat kentang adalah cikal bakal dari lahirnya YamiYummy. Pasti pengen tau juga kan kenapa nama bisnis saya ini YamiYummy ? Okelah saya akan bagi behind the story dari lahirnya YamiYummy.

Sejauh yang saya ingat, selama ini saya tuh sangat suka masak memasak sebenarnya. Waktu kecil malah saya sempat jualan es cocktail dan kolak pisang/ubi yang saya bikin sendiri dengan takaran resep berdasarkan feeling aja. Maklumlah semasa kecil saya nggak 'ngeh' dengan yang namanya majalah atau buku resep masakan. Jadi yang mengajari saya masak adalah Almarhumah nenek yang memang sang expert dalam dunia tata boga (bagi saya seh). Di tangan ajaib beliau saya banyak melihat aneka jenis masakan yang terlahir. Pernah nyobain manisan kulit jeruk bali ? Atau manisan cabe ? Kalau setup tape ? Itu hanya beberapa contoh hasil karya beliau yang bagi saya sangat tiada duanya. Tapi berhubung saya sangat sibuk kerja dan juga harus mengurus balita maka frekuensi ke dapur sangat menurun drastis. Paling hanya untuk masak yang wajib2 aja. Selebihnya kami banyak hunting makanan enak di mal2.

Pertengahan tahun 2008 saya kok tiba2 dapat wangsit (he he he kayak dukun aja). Entah angin apa yang bikin saya saat itu kok bete dengan kemampuan masak saya yang serasa jalan di tempat. Untuk mengurangi rasa bete saya coba2 surfing di internet nyari resep2 masakan yang enak. Wuih saya takjub berat ketika ternyata hanya dengan mengetikkan satu kata kunci resep masakan yang saya ingin, saya dapat begitu banyak link ke berbagai blog dan website yang memuat resep yang saya cari.

Suatu hari sang kakak ipar menyuguhkan donat kentang ketika saya berkunjung ke rumahnya. Topingnya sendiri sederhana hanya diberi taburan gula halus aja. Yang bikin enak karena walau saat itu sudah malam tapi sang donat masih tetap empuk. Biasanya kalau saya beli donat kampung gitu (artinya bukan yang made in merek2 terkenal di mal macam JCo or ICrave) kalau udah kelamaan pasti tuh donat akan alot banget. Mungkin kalau buat nimpuk anjing pasti kelenger kali ya. Nah donat yang saya makan itu beda. Tau nggak saya jadi tertantang untuk nyoba bikin donat kentang sendiri.

Setelah surfing di internet saya menemukan beberapa resep donat kentang. Ini juga sebagai moment saya mengenal NCC (Natural Cooking Club) untuk pertama kalinya. Percobaan donat perdana diluar dugaan sukses luar biasa. Kebetulan momentnya juga pas, yaitu pada saat keluarga besar sedang kumpul2 pas malam minggu. Tak diduga dan dinyana ternyata sang donat kemudian jadi primadona snack keluarga saya.

Sukses awal bikin saya ketagihan. Ternyata tak cuma donat yang bikin saya 'addicted'. Sayapun tertantang untuk mencoba resep lainnya. Nah NCC inilah yang berjasa bikin saya tambah pinter untuk urusan memanjakan lidah seluruh anggota keluarga saya. Ketika arisan Bulan Agustus silam yang kebetulan berbarengan dengan anniversary perkawinan kami yang ke 5, saya bikin semua kue dan puding berbekal resep dari NCC. Yang nyebelin adalah banyak diantara anggota keluarga yang menyangsikan kalau itu adalah hasil karya saya sendiri. Pada nggak percaya ya kalau saya bisa bikin kue2 yang enak dan menakjubkan (sekali2 narsis ga pa pa donk :-)). Ternyata banyak yang masih norak dengan kue yang beredible image, jadi sambil penasaran mereka mencicipi BDCK yang saya buat. Komen mereka sama, kuenya enak semanis penampilannya (he he he mereka rupanya terpesona dengan sepasang pengantin yang jadi back ground edible imagenya. Mereka lupa kalau sepasang pengantin itu udah bermetamorfosis alias berubah drastis, dari sepasang sejoli yang langsing menjadi sepasang 'bank lemak' hi hi hi).

Suami saya waktu itu melontarkan pendapat dan ide yang tadinya sempat saya ragukan. Dia bilang saya kayaknya ada bakat dalam dunia kuliner, gimana kalau diseriusin biar jadi bisnis aja. Dia bahkan mau jadi penyandang dana dan melontarkan trade mark buat usaha kuliner saya yaitu : YamiYummy. Katanya : tiap kali orang menyebut nama saya pasti selalu teringat akan kue2 yang enak2 atau Yummy. So kenapa nggak dijadikan merek dagang aja sekalian. Biar orang selalu teringat dan terinspirasi pada makanan enak kalau mengingat YamiYummy. Lama2 saya pikir, boleh juga niyyyy. Apalagi beliau menyanggupi pengen jadi donatur kan. He he he sepasang tanduk langsung nongol di kepala, okelah Boss siapa takuttt....Go ahead lah....

Akhirnya lahirlah YamiYummy. Bisnis ini murni dimodali oleh suami tercinta dalam hal dana operasional. Modal saya sendiri cuma nekat, pede, berani malu, tekad yang kuat untuk maju, niat murni untuk ibadah dan keikhlasan untuk menjadikan bisnis ini supaya bisa bermanfaat juga buat orang lain. Modal lain yang tak kalah penting adalah; kumpulan resep yang segambreng banyaknya hasil browsing di internet. Mau kursus sih sebenernya tapi biayanya mahal buat ukuran saya. Suami juga lebih setuju kalau saya otodidak aja. Dia selalu bilang begini : kalau orang lain pintar bikin kue karena hasil kursus itu mah udah biasa, Ma. Tapi kalau kamu pinter bikin kue karena hasil otodidak, itu baru nggak biasa. Lagipula biayanya juga lumayan. Mending buat nambah modal dulu. Okelah Pap. Mungkin saya harus nabung dulu kali ya buat nambahin modal dan juga biar bisa kursus dekor someday sama Bu Fat. Insya Allah.

Back to Donat Week NCC. Ini hasil karya saya yang kesekian untuk Donat Kentang. Resepnya pakai resep NCC tentunya. Donat2 ini saya buat sebagai oleh2 ketika menjenguk sang kakak yang baru aja keluar dari Rumah Sakit. Mudah2an donatnya bisa membantu proses penyembuhan (emang bisa ???). Kalau melihat rekor cepatnya donat yang bawa itu habis diserbu kayaknya sih saya boleh berbangga hati kalau donat2 yang saya buat itu memang asli enak. Tapi kebanggaannya cuma sedikit kok, kan yang hebat adalah sang penemu resepnya. Saya mah cuma copy paste doank. Tapi nggak pa pa lah. Yang penting "I LOVE MY DONUTS, YOU LOVE MY DONUTS AND EVERYONE LOVES MY DONUTS, he he he".

(I joined the Natural Cooking Club (NCC)such a kind of mailing list for food lover last year. I got so many advantages in joining this mailing list. That's why I always want to involve in every event in NCC. This week nominated as Donuts week. As a member we have to create any donuts recipe and we can give the donuts every topping that we like. I made potato donuts for this event. The recipe was taken from NCC's recipe. I heard that my sister was ill and she was just back from hospital. I decided to make donuts and steamed brownies for her.

You may not believe but in fact making potato donuts was my first step in culinary business. Actually at that time I just tried to make something different for my family then I browsed many recipes from internet. I tried from something easy for me, I tried to make potato donuts since I knew that my sister in law liked it very much. I was glad to know that all of my family like my donuts. After that I addicted to make other kind of foods. My husband told me why don't I tried to make this hobby became a business. Actually at first I doubted about his idea. But my husband gave me his support not only in financial but also in spirit. He told me that he bet me can. He also gave me the brand for this business : YamiYummy. He said that everytime everyone called my name they will always remember about something yummy. So he suggested me to use YamiYummy as my brand......That's the story behind YamiYummy.

Actually I never joined the culinary course before. I learned by myself to improve my ability in cooking and baking. My husband told me that he believed I could do my business eventhough I never joined any course. And I know exactly I can do everything if I have the same belief.

Back to NCC's Donat Week, I proudly present my 'master piece of potato donuts'. I glad to know that my sister and other family member like my donuts. Thanks to NCC for the great recipe. I can proudly say I LOVE MY DONUTS, YOU LOVE MY DONUTS AND EVERYONE LOVES MY DONUTS................)

0 komentar: