Nah ini lanjutan dari postingan saya sebelumnya ttg buku2 favorit saya. Ada 3 lagi penulis yang saya sukai banget karena karya2 mereka banyak memberi wawasan baru, ilmu dan pengalaman inspiratif yang bisa membuat kita jadi lebih semangat, berani bermimpi dan lepas dari 'comfort zone'.

Penulis Indonesia yang saya sukai saat ini ada 2 yaitu Andrea Hirata (iyalah hari gini gitu loh siapa sih yang ga suka sama karya2nya ?) dan Habiburahman El Shirazy (kalau yang ini benar2 dasyat).

Terlepas dari pro kontra soal kemisteriusan apakah Laskar Pelangi sebuah fiksi atau realita, saya sangat impressed dengan cara Andrea mengajak kita untuk 'berani bermimpi'. Allah itu Maha Pemberi jadi kita jangan setengah2 meminta karunianya asalkan kitanya konsisten berusaha dan meningkatkan amal ibadah maka nothing is impossible deh.
Dari 3 buku yang sudah saya beli dan saya baca dari Tetralogi Laskar Pelangi tsb saya sangat terinspirasi untuk menata hidup saya dengan lebih baik dan bersemangat. Saya jadi spechless nih karena nggak tahu lagi mesti ngomentarin apa lagi ya buat buku2 yang sangat fenomenal ini. Eh tapi ada salah satu buku tsb yaitu 'Sang Pemimpi' yang menceritakan ttg salah seorang sahabat Ikal yaitu Jimbron ternyata mengidap penyakit 'obsesif compulsif' yaitu sangat tergila-gila dengan kuda. He he he kalau baca cerita ttg Jimbron saya jadi ingat anak saya yang juga punya gelagat berpenyakit yang sama 'obsessif compulsif' tapi dia sangat terobsesi dengan lampu (baca http://yamiyummy.blogspot.com/2008/11/hobi-yang-aneh.html). Kira2 penyakit tsb berbahaya nggak ya ??? Please advise dong.....
Terus saya mau membahas ttg Kang Abik alias Habiburahman El Shirazy. Wuih jangan tanya deh gimana kepincutnya saya dengan "Ayat2 Cinta", "Pudarnya Pesona Cleopatra" dan "Ketika Cinta Bertasbih" (baru segitu yang saya baca hi hi hi). Setiap baca karya2nya Kang Abik saya pasti meneteskan air mata karena sedih, malu dan minder dengan amal ibadah saya yang kayaknya jauuuuuuh banget deh dari apa yang dicontohkan Kang Abik lewat tokoh2 dalam novelnya. Tapi saya sangat sangat kecewa ketika "Ayat-ayat Cinta" difilmkan. Banyak banget hal2 yang penting dan prinsipil banget yang dihilangkan atau diganti dengan hal2 yang konyol kalau menurut saya. Contohnya : Teman2 satu sel Fahri di novel adalah orang2 alim dengan tingkat pendidikan yang tinggi lho kok difilm malah diganti sama orang gila ???? How come ???? Udah gitu di novel tokoh Aisha itu sangat berbakti sama suami dan sangat santun eh di film kok berani melawan suami ???? Yang paling parah adalah cerita ttg poligami yang di film diceritakan dengan unsur komedi tapi teteup nggak sejalan dengan novel yang sama sekali nggak menceritakan ttg kehidupan poligami Fahri karena Maria langsung koma lagi setelah bersaksi dipersidangan. Jadi saya kecewa berattttts ! Masih banyak lho yang melenceng tapi nanti terlalu panjang kalau dibahas disini. Saya harap sih film Ketika Cinta Bertasbih bisa lebih baik dari A2C.
Ketika Laskar Pelangi mau difilmkan saya sempat berprasangka jangan2 nasibnya sama aja dengan A2C. Tapi syukurlah ternyata setelah saya tonton wah ternyata tidak mengecewakan kok. Malah saya menunggu Miles membuat 'Sang Pemimpi' karena saya pengen tahu bagaimana kekonyolan Ikal dkk waktu nonton bioskop "Cawat Merah" divisualisasikan oleh Miles. He he he jadi penasaran dehhh !!!!
Nah penulis terakhir yang mau saya bicarakan yaitu Sir Arthur Conan Doyle. Pastinya tokoh rekaan beliau "Sherlock Holmes" adalah tokoh detektif tiada duanya sampai saat ini (melebihi detektif Conan pastinya). Ini koleksi novel Sherlock Holmes yang saya punya. Novel detektif lain yang saya punya Agatha Christie dan Trio Detektif tapi nggak usah dibahas ya, udah kepanjangan soalnya...

(Ok now I want to tell you other authors that I love so much. First is Andrea Hirata who was wrote 3 novels from The "Laskar Pelangi Tetralogy" . I have read his 3 novels and I fell in love with his ability to burn my spirit, to fight for my life and my dream. Dare to dream, that's the idiom that he taught me. I think many people felt the same way with me. I think we have to have a braveness to fight during our life in this world coz we know our sacrifices are worthed.

Next author is Habiburahman El Shirazy who wrote "Ayat-ayat Cinta/Love Verses", "Pudarnya Cinta Cleopatra" and "Ketika Cinta Bertasbih". Wow I'm so spechless to give my comments for these amazing novels. Especially for "Ayat2 Cinta". I'm so upset when I saw the movie since there were so many things which were so different with the novel. There were several things that so important but had omitted. The good and religious story changed into commercial thing, I guess. I hope next movie "Ketika Cinta Bertasbih" will be better.

Last but definitely not least is Sir Arthur Conan Doyle who was created The Unforgetable Sherlock Holmes. I have no words to say about this incredible man. He was so smart, brave and so misterious. Anyway he was still the #1 detective in this world until now. I don't know whether Sherlock Holmes is a fiction or real but for me he was so real and I think he is still alive in my imagination).

1 komentar:

RM Bagus Permono Imanuel mengatakan...

Anda suka Hobi Inovasi?? Suka nonton Film MAcgyver?? Jika YA silakan Klik : www.younginnovator.blogspot.com Suatu Inovator dan History Maker dari Kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur untuk Indonesia dan Dunia. Kami Peduli dan Berbagi Sesuai Kasih dan PAncasila....ada RAhasia Sulapan, cara bikin Sabun mandi, inovasi tembok tanpa paku, dlsb. thx gbu...MERDEKA!!!