Apa sih yang bikin tukang kue paling bahagia ??? Dapat orderan banyak ??? Emang seneng sih tapi ada sebuah reward yang paling bikin bahagia tukang kue, apalagi kalau bukan dapat repeat order sekaligus testimoni dari customer bahwa produk sang tukang kue dapat memenuhi keinginan dan selera mereka. Sebagai tukang kue pemula sayapun begitu. Kalau ada customer yang bilang produk saya enak dan mereka sampai beberapa kali repeat order duh saya serasa dapat hadiah mobil idaman deh !!!

Sebagai tukang kue saya udah mulai terbiasa dengan ritme kerja yang melelahkan. Bayangkan aja untuk menghasilkan selusin donat kentang aja saya harus mengerahkan tenaga extra untuk menguleni adonan sampai kalis, menunggu dengan H2C sambil berdoa penuh harapan semoga adonannya bisa mengembang sempurna. Udah gitu kembali deg-degan sambil berdoa semoga ketika digoreng adonan bisa mengembang lagi, bisa matang merata dan donatnya empuk ketika dimakan. Dan yang paling melelahkan bagi saya adalah ketika harus membuat kue kering yang dilukis dengan royal icing. Rasanya setoples kue yang dihasilkan kadang nggak sesuai dengan energi yang udah dikeluarkan. Sampai2 saya berfikir, kok bisa ya para tukang kue yang lain melakukan pekerjaan yang lebih berat dari saya selama bertahun-tahun ?

Eureka setelah mengalami sendiri saya baru tahu jawabannya. Ternyata walau dibutuhkan pengorbanan yang sangat luar biasa untuk menjadi seorang tukang kue tetapi semua rasa capek, ngantuk karena kebanyakan begadang, pusing menentukan harga jual yang pantas, serta seabrek ketidaknyamanan nggak akan menjadi masalah yang besar ketika kita tahu bahwa pelanggan kita ternyata sangat puas dengan produk yang kita hasilkan. Compliment inilah yang menjadi sebuah dorongan kuat untuk terus menggeluti bisnis yang kata orang "nggak ada matinya ini". Kadangkala bahkan uang bukan lagi jadi tujuan utama bagi saya, karena ketika membuat sebuah kue saya merasa bagai seorang seniman besar yang sedang menghasilkan sebuah master piece. Ini beneran loh, apalagi ketika sedang mendekor kue ulang tahun. Wah semua jiwa seni dan kreativitas yang saya punya semuanya dikerahkan deh buat menghasilkan master piece saya.

Bagi saya semua order yang masuk akan sangat saya syukuri karena semua rezeki yang datang dari Allah akan membawa keberkahan bila kita pintar bersyukur. Jadi semua order walau kecil sekalipun akan selalu membawa kebahagiaan bagi saya dan semakin mendekatkan diri saya pada Allah. Karena itu berarti Dia masih sangat sayang dan peduli pada hambanya yang kadang suka telat dalam mengingatnya ini.

Salah satu best seller produk saya selain brownies kukus adalah donat kentang. Alhamdulillah rekan kantor suami sudah beberapa kali order donat kentang. Semakin sering membuat donat kentang saya makin mahir mengenali adonan dan bisa mengatasi berbagai problema selama pembuatannya. Walah bikin donat aja apa sih susahnya ??? Mungkin gitu ya pendapat anda. Tapi seperti yang sudah pernah saya tulis dalam postingan sebelumnya bahwa membuat donat kentang itu susah2 gampang dan bagi saya semakin sering kita berlatih kita akan semakin mahir. Bersyukurlah saya karena saya dapat kesempatan belajar memperdalam ilmu masak saya sekaligus juga dapat bayaran. Enak khan ??? Jadi, small orderpun tetap Alhamdulillah.

(Have you ever know what thing that could make a home baker so happy ? Having a great order maybe ??? Could be correct. But for a home baker like me, there is no other thing that can make me happy but getting the repeat order and such a testimonial from my customer that they like my products. I will feel so satisfy and it could burn my spirit to do better things in the future to improve my products.

As a home baker, especially for an amateur like me, the daily routine in baking makes me tired enough. To produce a dozen of potato doughnut for example, I have to waste a long time from preparing material until put the doughnut into their package. Sometimes I wonder why other home bakers can do more difficult ways better than me for years.

One day, Eureka, I got the answer for it. The compliment from my customer is the cure for all of my tired, sleepy since I have to go to the bed so late when I have to finished all orders, worried in offering the reasonable price for all my products, etc. When my customer said, "Yami, your cakes are so delicious. Would you mind if I ask you to make me other steamed brownies for next week ? I will give them to my family coz they love your brownies too." Wow, thanks God. I will say yes, off course, why not I will be pleased to .....

So, money isn't a thing that will be my aim to get for after that. You know, when I was in making of a birthday cake or other product I felt as I am a big artist who will serve her master piece to the world. Sound bombastic, isn't it ? But yeach for me the feeling is so real. No matter how long and tired I am to pass through the process but at the end I can proudly present, this is the best of the best that I could do to my customer. And a compliment from my customer will complete my day in spirit that I can do what I wanna do, if I try hard off course.

I never complaint although I only get just a small order. For me that's the thing that mean a lot. It means God still care about me and I will take the chance that God gave me in making a usefull thing not only for me but also for others. I think that's the best way for my life.

Last sunday I got small order for potato doughnuts from one of my husband's colleague. I heard that he liked my doughnut so much and wanna order more and bring it as a gift for his family. I said yes and I was glad to do his order since I could practice more in cooking and got a payment also. I think I was so lucky on that way. So, even if you send me just a small order, I will always say Thanks God (Alhamdulillah)).

0 komentar: