Beberapa hari yang lalu salah seorang keponakan saya, Faraumaina, mengirim sms. Isinya kurang lebih menginformasikan pada saya kalau guru Bahasa Inggrisnya hendak memesan kue ulang tahun pada saya. Ternyata diam2 keponakan saya ini menjadi marketing freelance usaha kue saya :). Nah yang bikin saya surprise banget ternyata sang guru, Mam Eti, adalah guru bahasa Inggris saya sewaktu di SMA dulu. Wuih dunia emang sempit ya ternyata....

Mam Eti lalu menelpon saya untuk konfirmasi ordernya tapi pembicaraan kami malah lebih banyak berfokus pada kenangan masa lalu dan tanya jawab tentang keadaan kami sekarang. Bener2 gag nyangka lho my blog reader ternyata papanya Farumaina juga dulu ex muridnya Mam Eti juga....It means kami sekeluarga pernah jadi murid beliau hehehe...

Untuk pesanan beliau sebenernya gag ribet kok, beliau minta kue ultah buat sang putri Medina yang akan berulang tahun ke 5 dengan basic cake black forest namun no dark cherry, dekor pakai fondan karena beliau penasaran kayak apa sih penampakan dan rasa fondan itu hehe dan minta boneka Dora sebagai pemanis coz anaknya menurut Mam Eti konon mirip Dora The Explorer xixixi...


Pembuatan kue ini seharusnya berjalan dengan lancar dan aman2 tapi ternyata eh ternyata kue ini mungkin bisa saya nobatkan sebagai mahakarya saya yang paling fenomenal tahun ini..Hehehe nggak lebay sama sekali andai aja my blog reader tahu latar belakangnya...

Seharusnya kue ini saya delivery hari Sabtu namun karena keluarga besar Mam Eti masih sibuk so acara ditunda buat Hari Minggu. Alhamdulillah saya bisa bernafas lega coz saya masih merasa agak capek setelah mengerjakan orderan kue sebelumnya sekaligus juga sedang dikejar deadline pembuatan catalogue, brosur, delivery furniture rotan sintetis ke customer yang rada2 diluar rencana yang sebelumnya udah fix. Jadi mundur satu hari memberi saya peluang buat bernafas sebentar hehehe.

Sehubungan sang customer minta jenis basic cake yang lembut dan mesti dihias fondan maka saya berencana bikin kue yang rada2 mepet dengan jadwal delivery soalnya takut amblas karena beban berat fondan menekan sang kue yang nggak sekokoh butter cake atau brownies kukus seperti yang biasa saya buat untuk kue dengan hiasan fondan. So hari Sabtu itu saya sempat menikmati jalan2 bersama keluarga dengan harapan sepulangnya saya ke rumah bisa langsung bertempur mengerjakan kuenya. Tapi gag pernah terlintas dalam benak saya kalau pembuatan kue kali ini gag akan semulus biasanya bahkan sempet bikin saya nyaris desperate....

Kesulitan pertama adalah susah banget mencari boneka Dora. Ternyata Dora The Explorer udah gag musim ya, tergusur oleh para pendatang baru macam Shaun The Sheep, Thomas The Tank Engine atau Angry Bird. Bayangkan dari 5 toko mainan akhirnya saya menemukan boneka Dora di salah satu toko itupun dengan ukuran yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Daripada gag ada ya akhirnya saya putuskan tetap membeli sang boneka.

Kesulitan kedua adalah soal mixer. Kebayang dong apa jadinya tukang kue tanpa senjata andalannya ??? Berhubung saat ini saya punya 2 domisili yaitu Senin s/d Jum'at saya di ruko dan tiap weekend balik ke rumah maka kalau ada orderan kue pas weekend berarti saya harus memboyong segenap tetek bengek alat baking ke rumah. Kabayang repot dan ribetnya. Nah kali ini saya membawa lebih banyak barang ke rumah karena si kk sedang libur panjang so kami berencana menghabiskan liburan di rumah sampai tahun baru jadi hampir semua barang kami angkut ke rumah dan celakanya barang yang paling penting yaitu mixer malah gag kebawa. Rencana memulai baking sehabis sholat isya terpaksa ditunda karena kami harus balik ke ruko dulu mengambil sang mixer. Sempat sih mencoba pinjem mixer ke Mba Ika sang pemilik Firdaus Cake tapi beliau sedang ada pengajian dan pulang malam jadinya saya gag jadi pinjem mixernya. Sempat juga saya nyoba pinjem mixer ke kakak ipar tapi ternyata mixernya tipe jadul banget dan agak2 kurang pede saya makenya takut ditengah jalan sang mixer mogok soalnya saya pernah mengalami kejadian mixer mogok di tengah proses pembuatan adonan yang menyebabkan kue buatan saya bantet dengan suksesnya. Suami juga menolak untuk gambling dengan memakai mixer tsb sehingga dengan berat hati terpaksa mengantarkan saya mengambil mixer di ruko. Alhamdulillah walau digerutuin sepanjang jalan tapi yang penting saya bisa memakai lagi mixer kesayangan yang telah membantu saya mencetak banyak uang itu hehehe...

Rencana awal saya pengen memulai baking setelah sholat Isya tapi kenyataannya saya baru bisa memulai baking pas jam 11 malam. Suami saya aja sempet sangsi apakah saya bisa menyelesaikan orderan kue tepat waktu soalnya kami janji akan mendelivery kue sekitar jam 10 pagi ke rumah orang tua Mam Eti di Rawamangun keesokan harinya. Jujur saya juga sebenernya sangsi apakah saya bisa menyelesaikan kue dengan waktu yang teramat terbatas, tapi ini juga sekaligus jadi tantangan tersendiri buat saya untuk mengetes sampai sejauh mana ilmu baking dan decorating saya.

Nah pas mulai baking walau sudah mengucap Bismillah namun ternyata kesulitan ketiga mulai mengintip dan menguji kesabaran sang tukang kue yang udah mulai mengantuk ini. Saya berencana membuat 1,5 resep sponge cake coklat supaya bisa pas dengan ukuran loyang 24x24 cm sesuai request Mam Eti. Saya pakai resep Sponge Cake coklatnya Bu Fatmah Bahalwan yang simple berhubung saya gag punya banyak waktu. Nah pas memecahkan 12 telur terjadilah peristiwa yang sangat bikin frustasi karena ketika telur ke 11 dipecahkan ternyata telurnya busuk dan apa daya sudah terlanjur menimpa ke 10 telur lainnya. Endingnya seluruh telur yang sudah terlanjur terkontaminasi dengan sangat terpaksa akhirnya harus dibuang coz gag mungkin bagi saya membuat kue dari telur yang busuk dan berbau sangat gag enak. Sedih banget deh karena harus membuang telur sekian banyak dan khawatir apakah telur yang ada cukup untuk membuat adonan berikutnya.

Ternyata telur yang tersisa tinggal 9 butir. Sempat pengen beli lagi ke warung dekat rumah tapi ternyata warungnya sudah tutup. Akhirnya saya putuskan untuk tetap membuat adonan walau hanya 1 resep. Dan alhamdulillah walau hanya 1 resep ternyata pas banget memenuhi satu loyang 24x24 cm itu. Dan Alhamdulillahnya lagi kuenya ternyata bisa matang sempurna. Wuih saya legaaaa banget coz kalau kuenya sampai bantet saya gag tau lagi mesti gimana soalnya saat itu sudah hampir jam 1/2 malam. Sambil nunggu kuenya matang saya sekalian mencuci piring dan beres2 belanjaan coz siangnya kami habis belanja bulanan. Lumayan juga bisa ada kegiatan jadi gag terlalu bete acara bakingnya.

Sambil nunggu kuenya dingin sempurna sayapun memutuskan untuk tidur dulu dan menyetel alarm jam 5 pagi untuk memulai mendekor sang kue. Tapi mungkin saya terlalu capek apalagi saya juga baru saja datang bulan jadi kondisi tubuh lagi gag fit banget makanya pas alarm bunyi saya tetap bablas tidur dan baru kebangun karena dibangunkan oleh suami pas jam 6 pagi.

Proses dekor saya mulai dengan men-trimming kue sehingga bentuknya rapi, membelah kue jadi dua, mengoleskan buttercream dan symple syrup untuk filling dan melapisi buttercream tipis2 ke seluruh permukaan kue sebagai crumb coat. Saya lalu memasukkan kuenya ke kulkas sebentar untuk membekukan butter creamnya. Setelah itu baru melapisi kue dengan fondan berwarna pink. Alhamdulillah proses dekor ternyata berjalan lancar dan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Alhamdulillah akhirnya saya ternyata bisa menebus keraguan suami dan diri saya sendiri karena akhirnya kue ini bisa saya selesaikan sesuai target.

Proses deliverynya sendiri ternyata lancarrrr banget. Alhamdulillah lalu lintas dan cuaca kondusif banget sehingga kami tenang dan nyaman selama perjalanan. Kondisi yang sangat beda dengan waktu kami mendelivery kue buat Etri di Tangerang.

Pertemuan saya dengan Mam Eti berlangsung heboh karena gag nyangka banget setelah 17 tahun akhirnya guru dan murid ini bisa ketemuan lagi dengan cara yang sangat unik menurut saya. Seingat saya sih Mam Eti ini dulu adalah salah satu guru yang galak tapi berkat jasa beliau juga saya bisa belajar Bahasa Inggris dengan baik dan benar dan manfaatnya sangat kerasa buat saya sekarang.

Ternyata kue yang heboh ini berakhir dengan happy ending coz Mam Eti dan keluarga suka dengan kuenya dan saya beserta suami dan anak2 dapat rezeki ditraktir makan siang bersama Mam Eti dan seluruh keluarga besarnya.

Makasih ya Mam Eti atas semuanya. Met ultah juga buat Medina, semoga menjadi anak yang sholehah, sehat, murah rizqy dan pintar di sekolah. Aamiin....

0 komentar: