Anak sulung saya, Farizi, tergolong anak yang sangat pemilih dalam hal makanan (picky eater child). Tapi untuk makanan yang ia sukai tanpa dikomando 2 kalipun pasti langsung habis dalam sekejap. Bagi saya ia bukan hanya sekedar anak tapi juga merangkap sang Quality Control a.k.a QC dalam tiap hasil kreasi masakan saya.

Sebagai QC ia juga sering menantang saya membuat berbagai masakan yang belum pernah saya masak sebelumnya. Biasanya sih dia akan menantang saya untuk membuat masakan yang sama dengan masakan dari restoran yang ia sukai, contohnya sup krim jamurnya Pizza Hut.

Walau belum pernah masak masakan yang ia ajukan tapi saya selalu berkata 'bisa' bila ia bertanya apakah saya bisa masak masakan tertentu yang sedang ia sukai. Gag tau biar keliatah serba bisa atau memang karena saking inginnya membahagiakan anak ya hehehe...Tapi yang penting rasa capek dan keringat yang bercucuran akan terasa sangat nikmat dan terbayar lunas saat ia bilang, "Ma, masakan Mama enak....." Ah, that's my boy.....



Sup Krim Jamur (untuk 3 porsi)

Resep :

10 buah jamur kancing
2 sdm margarin
1/2 buah bawang bombai ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm terigu, larutkan dengan sedikit air
250 ml susu cair
1 buah fillet daging ayam
300 ml air
Garam dan merica bubuk secukupnya
2 buah sosis, iris-iris
2 lembar daging asap/daging burger, potong dadu kecil
Pelengkap : 3 lembar roti tawar, olesi margarin, potong dadu kecil, panggang sampai kering

Cara Membuat :

1. Jamur diiris-iris tipis. Sisakan sedikit untuk isi sup. Sisihkan
2. Rebus fillet daging ayam. Buang kotoran yang mengambang. Bila daging ayam sudah empuk saring air kaldunya dan dagingnya dipotong dadu kecil
3. Lelehkan margarin, bila sudah panas tumis cincangan bawang putih dan bawang bombai sampai harum.
4. Masukkan irisan jamur dan potongan daging ayam, aduk rata lalu masak sampai jamur layu
5. Masukkan air kaldu. Masak sebentar lalu tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk-aduk terus jangan sampai susu pecah.
6. Bila sudah mendidih masukkan larutan terigu sambil diaduk cepat. Didihkan lagi
7. Angkat lalu haluskan dengan cara diblender.
8. Masak lagi diatas api kecil, masukkan sisa irisan jamur, sosis dan daging asap. Bila terlalu kental dapat ditambahkan air sesuai selera. Masak sampai mendidih. Lalu angkat
9. Sajikan hangat bersama potongan roti tawar kering

2 komentar:

Kiarra Vashti Nadira mengatakan...

Susunya berapa banyak? kaldunya berapa banyak?

yamiyummy mengatakan...

susunya 250 ml (saya pakai 1 kotak susu ultra cair plain yang warna kardusnya biru yg isinya 250 ml). Kaldu saya dapat dari merebus fillet daging ayam dengan 300 ml air. Nah air rebusan daging itu yang nantinya jadi kaldu. Semua kaldu itu saya masukkan. Kalo supnya terlalu kental bisa ditambahkan air sesuai dengan tingkat kekentalan sup yang diinginkan