Hari ini saya kembali dengan rutinitas harian yaitu mengurus anak2, mengecek email2 yang masuk, mengedit gambar untuk brosur, ngeblog, maenan fesbuk :D, beres2 rumah, menyiapkan makanan buat anak2 dan segambreng kerjaan rumah yang 'never ending'. Tapi sejujurnya saya nggak mau mengeluh kok coz saya bahagia dan ikhlas melakukan semuanya.

Gag tau kenapa hari ini si dd rewel banget dan susah tidur. Alhasil semua pekerjaan terpaksa dilakukan dengan tergopoh-gopoh dan diiringi lengkingan tangisan si dd yang mengalahkan lengkingan 7 oktafnya Mariah Carey. So, acara memasakpun terpaksa dilakukan pas tengah hari disaat perut sudah sangat lapar. Tau sendiri dong gimana kondisi ibu menyusui....Apalagi si dd sebentar2 minta ASI.

Pas buka kulkas dan lihat2 stok sayuran ternyata ada stok sebungkus sayur sop, bawang bombay, paprika merah dan hijau, sebungkus tempe, nugget, chicken karage dan seperempat (kurang dikit) daging sapi. Kemarin saya dan keluarga seharian pergi jadi belanjaan dari hari sebelumnya masih belum sempat terjamah dan masih bertengger manis di kulkas.

Daging sapi yang ada di kulkas sebenarnya buat stok makanan si dd tapi karena makanan si dd untuk hari ini sudah ada maka daripada dagingnya keburu nggak enak mending diolah aja deh. Langsung teringat kalau masih ada stok bumbu saos teriyaki-nya Saori. Yawdah deh kita masak Beef Teriyaki with Paprika ajalah...


Gini nih resepnya :

- 250 gr daging sapi diiris tipis atau dipotong sesuai selera
- 1 buah bawang bombay, diiris melintang sisakan 1/4 bagian
- 1/4 buah paprika merah, diiris2 sesuai selera sisakan 1/4 bagian
- 1/4 buah paprika hijau, diiris2 sesuai selera sisakan 1/4 bagian
- 2 bungkus Saori Saus Teriyaki
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdm margarin untuk menumis
- Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Rendam potongan daging dalam 1 bungkus saori saus teriyaki, diamkan kurang lebih 10 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging
2. Lelehkan margarin, masukkan irisan bawang bombay. Tumis sampai bawang bombai layu
3. Masukkan daging dengan bumbu perendamnya. Aduk sampai rata. Masak sampai daging berubah warna
4. Masukkan air secukupnya. Masak sampai daging agak lunak
5. Masukkan merica bubuk, 1 bungkus saori saus teriyaki, paprika merah dan hijau. Masak sampai daging empuk
6. Menjelang diangkat masukkan sisa bawang bombay dan sisa paprika merah dan hijau. Aduk rata
7. Angkat dan sajikan hangat

tips : bawang bombay, paprika merah dan hijau sengaja disisakan dan dimasukkan menjelang daging matang sempurna agar tak seluruhnya layu sehingga penyajiannya akan lebih menarik, tapi bila tak suka bisa dimasukkan keseluruhannya kok :)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasi ya mba yami buat resepnya :) manfaat banget nih buat yang lagi ditinggal nyokap :D

yamiyummy mengatakan...

@ ghina-inazh : Sama2, mba. Alhamdulillah kalau yang saya posting bisa bermanfaat buat orang lain :)