Sejak anak pertama saya lahir saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuknya yaitu ASI Exclusif dan makan makanan padat hanya setelah umurnya mencapai 6 bulan. Begitu juga untuk anak kedua saya, Fylza. Alhamdulillah saya bisa memberinya ASI exclusif selama 6 bulan walaupun setelah melahirkan saya sempat menderita batuk yang cukup parah dan berbagai hambatan kesehatan namun berkat semangat pantang menyerah untuk memberikan yang terbaik bagi anak maka akhirnya semua hambatan dapat saya atasi.

Hambatan selanjutnya adalah ternyata ketika telah tiba saatnya Fylza mendapat makanan tambahan ia didiagnosa punya alergi terhadap makanan yang mengandung gluten dan kasein. Alhasil saya harus sangat selektif dalam memberinya makanan dan mulai rajin memberinya makanan hasil masakan saya sendiri ketimbang makanan bayi instan yang sebenarnya begitu praktis dan mudah didapatkan di toko2 atau minimarket sekitar rumah.

Ini salah satu makanan yang sering saya berikan untuknya. Untuk para moms boleh dicoba loh memberi bayi kita makanan hasil masakan sendiri yang dijamin higienis,tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan serta dijamin bayi kita akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Kalau mau bukti ya lihat saja anak saya Fylza :D.


Oh ya ini dia resep sederhana bubur tim saring buatan saya :

Bubur Tim Ayam Wortel Brokoli (untuk 3 porsi bayi)


Resep :

2 centong nasi matang (kalau pakai beras proses masaknya jadi lebih lama)
1/2 buah fillet daging ayam, cincang halus
3 kuntum brokoli, cincang kasar
1/3 buah wortel (ukuran wortelnya seperti yg digambar yaaa), potong dadu kecil-kecil
800 ml air
1 sdm margarin
Keju cheddar parut secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :

1. Didihkan air, masukkan wortel dan nasi. Masak sampai wortel matang dan nasi berubah menjadi bubur sambil diaduk-aduk secara berkala supaya tidak gosong dan lengket dipanci
2. Masukkan brokoli. Masak sebentar saja jangan sampai brokolinya terlalu lunak
3. Masukkan margarin. Aduk rata sampai nasi menjadi bubur yang kental
4. Angkat dan haluskan dengan cara diblender atau disaring dengan menggunakan saringan kawat
5. Sajikan hangat dengan taburan keju parut bila bayinya suka

Warning :

Sebelum usia bayi mencapai 6 bulan, Ibu belum boleh memberikan bahan2 makanan sbb :
1. gula dan garam (hindari hingga usia 1 th)
2. madu (hindari hingga usia 1 th
3. kacang dan biji-bijian (hindari kacang utuh hingga usia 5 th, beresiko untuk tersedak)
4. Telur
5. Keju (setelah 6 bulan boleh diberikan hanya penggunaannya jangan berlebihan)
6. Ikan dan kerang

Tips. Berikan bubur tim saring ini untuk bayi umur 6 bulan ke atas. Bila sudah tumbuh gigi tak perlu disaring/diblender lagi

4 komentar:

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

wah sip gan..

Unknown mengatakan...

assalamualaikum.. masukan daging ayam nya kapan bunda ?

nicky mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nicky mengatakan...

Apa kabar daging ayam nya? 😂