Seharusnya postingan ini buat Bulan Januari, tapi apa daya saya punya begitu sedikit waktu luang karena ada dua anak yang mesti dirawat, ada seorang suami yang mesti dilayani dengan baik :D dan ada 2 bisnis yang mesti dihandle juga.

Di Bulan Januari ini saya dan suami kebetulan berulang tahun pada hari yang berdekatan sehingga dirayainnya barengan a.k.a paket hemat hehehe...

Tadinya berencana bikin black forest tapi bosan juga dengan kue coklat. Waktu belanja ke pasar tradisional deket rumah secara gag sengaja ngiler ngeliat strawberry organik yang dijual didepan kios sepatu, so akhirnya sang strawberrypun meluncur manis dalam plastik dan siap memeriahkan kue yang akan saya buat untuk perayaan kecil2an ultah kami berdua. Berhubung sang tukang kue yang ultah jadi kue ultahnya pun harus bikin sendiri :(

Ini dia nih Cake Romantique Strawberry yang saya persembahkan teruntuk suami tercinta dan saya sendiri pastinya....

Kalau mau bikin juga nih saya posting sekalian resepnya. Bikinnya gampang dan relatif cepet kok tapi hasilnya pasti yummy dech..



Romantique Strawberry Cake

Resep Strawberry Sponge Cake :

8 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdm emulsifier (misalnya SP atau TBM)
225 gr tepung terigu protein sedang (saya pakai terigu segitiga biru)
100 gr margarin, lelehkan, biarkan dingin
1 sdm pasta strawberry
400 ml whipped cream cair dingin (saya pakai yang merk Rich), kocok sampai mengembang dan kaku
20 bh strawberry segar
5 buah hiasan coklat (saya buat sendiri dari dark compound chocolate leleh dan dicetak di cetakan coklat berbentuk gitar soalnya suami saya gitaris :D)
Simple syrup secukupnya (Saya sih biasa bikin dari 100 gr gula yang dilarutkan bersama dengan 100 ml air. Didihkan kemudian dinginkan dan sisihkan)

Filling :
Selai strawberry dan whipped cream secukupnya

Cara membuat:

1. Kocok telur dan gula hingga berbusa, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental dan putih. Matikan mixer
2. Masukkan tepung terigu secara bertahap, sambil diaduk hingga rata (kalau gag yakin bisa rata maka bisa juga diaduk pakai mixer dengan speed terendah ya)
3. Tuang margarine leleh, aduk hingga rata benar. Tambahkan pasta strawberry, aduk rata
4. Tuang kedalam loyang, oven hingga matang.

Finishing :

Setelah dingin belah melintang kue jadi 2 bagian. Percikkan dengan simple syrup sampai merata. Oleskan selai strawberry dan whipped cream. Tumpuk dengan 1 bagian kue lainnya.

Olesi seluruh permukaan kue dengan whipped cream sampai rata dan halus. Gunakan scrapper untuk membuat pola garis2 melingkar disisi kue. Hias sesuai selera (tambahkan buah strawberry segar dan coklat sebagai hiasan)

Happy Birthday to my beloved husband and me......

2 komentar:

dapur-rumah mengatakan...

Hallo mbak...
kenalin.. saya Lusy Pascha.
saya udah nyontek resep strawberry cake-nya neehh :D.. emang bener gampang bikinnya, rasanya juga yummy.. thanks ya udah berbagi resep. sukses terus usahanya..

salam

yamiyummy mengatakan...

Hallo juga Lusy,

Seneng dengernya kalo apa yang saya share bisa bermanfaat buat orang lain. Makasih atas do'anya. Salam buat keluarga yaa....

yami