Dalam bisnis kuliner selain promosi lewat media ternyata promosi dari mulut ke mulut tergolong cukup ampuh. Kekuatan word of mouth ini udah saya rasakan banget. So walau saya nggak terlalu gencar mempromosikan yamiyummy tapi Alhamdulillah orderan terus masuk karena banyak pihak yang ikut mempromosikan kue2 buatan saya. Alhamdulillah banget untuk ukuran bisnis yang masih bayi ini.

Sepupu suami pernah saya beri catalogue yamiyummy dan ternyata diam2 dia gencar berpromosi ke seluruh tetangganya dan minggu kemarin saya mulai menuai order darinya. Order perdana berupa 2 mini brownies kukus dan 1 buah black forest. Hanya saja orderannya datang pas banget dengan acara MILAD TDA. Sempat dilema juga sih apalagi hari Minggu pagi harus mendelivery kue2 tsb padahal hari itu juga saya harus ikutan MILAD hari kedua.

Hari Jum'at siang saya mulai ngerasa nggak enak badan akibat gejala flu. Supaya badan nggak drop saya langsung minum obat dan mulai istirahat sebentar. Lantaran saya harus dalam kondisi prima pada hari sabtu dan minggu maka saya memutuskan untuk menabung tidur dulu supaya kuat begadang pas malam minggunya. Lagi enak2 terlelap telpon berbunyi dan suami ngasih order dadakan. Wah tambah panik aja. Niatnya malam sabtu mau nyantai dulu karena malam minggu harus begadang. Tapi ya akhirnya 2 malam harus dilakoni dengan begadang nih.

Tapi anehnya entah karena time management saya udah ok atau emang karena saya lagi mood banget bikin kuenya ternyata saya nggak harus begadang tuh kali ini. Semua kue yang harus saya bikin ternyata selesai tepat waktu jam 11 malam padahal rata2 mulai bakingnya jam 1/2 8 malam. Yang aneh lagi 2 malam itu saya sebenernya lagi diserang sakit kepala yang berkepanjangan tapi selama pembuatan kue kok saya merasa sehat2 aja dan nggak ngerasa pusing sama sekali. Pokoknya happy happy aja tuh bikin kuenya.

Hari Sabtu kemarin saya ikutan MILAD cuma sampai jam 1/2 3 sore aja lantaran nggak tahan dengan sakit kepala sekaligus juga karena harus menyelesaikan order buat Minggu pagi. Saya konsen banget bikin kuenya karena sang pemberi order udah wanti2 kalau kuenya enak maka dia mau pesan lagi. Wuih, enak kan relatif banget ya. Saya sih pasrah aja karena selama ini sih selalu berusaha menghasilkan kue2 yang enak, bersih dan berpenampilan cantik. Penilaian sih selalu saya serahkan pada customer biar lebih obyektif.

Minggu pagi saya mendelivery kue2 tsb dan ternyata hari itu saya nyerah nggak bisa ikutan MILAD TDA lagi lantaran sakit kepalanya masih terasa. Walaupun dalam hati nyesel banget soalnya saya jadi nggak bisa menghadiri seminar2 hebat dari narasumber yang hebat2 macam Bob Sadino, Ustad Lihan dll. Tapi ya udahlah mau gimana lagi ? Yang penting orderan udah saya penuhi dengan sebaik mungkin. Insya Allah order berikutnya akan lebih baik lagi. Amiinn.

(To maintain this culinary business I should take a big promotion but in fact I didn't do it. But fortunately I have several friends or relatives that help me to promote my business by the word of mouth. Most of orders usually came because of the power of word of mouth.

I received this order from my cousin's neighbour. She ordered 2 small steamed brownies and 1 black forest. She ordered me to deliver the cakes by sunday morning. Actually I got confuse since at sunday I should attend the birthday event of the mailing list that I joined.

At friday afternoon I felt not well so I took a medicine and try to sleep but my husband called me and gave me an order for his ex boss. OMG, how can I manage these ? I said. But at the end I could manage everything well eventhough I got a bad headache.

I delivered the cakes at sunday morning to my cousin's house but I couldn't attend the event of my mailist list's birthday since I was so tired and still got a bad headache. I hope I will getting well soon).

0 komentar: